Hari Pertama Operasi Ketupat Jaya, Ribuan Mobil Diputarbalikan di Gerbang Tol

Sabtu, 25 April 2020

Operasi Ketupat Jaya 2020 di hari pertama yang diterapkan di wilayah hukum Polda Metro Jaya, Ditlantas Polda Metro Jaya telah memutar balikan 1.181 kendaraan yang hendak ke luar dari Jakarta.

"Bersadarkan data dari Ditlantas Polda Mero Jaya sebanyak 1.181 kendaraan diminta putar balik ke wilayah Jabodetabek," kata Karo Penmas Div Humas Mabes Polri, Brigjen Argo Yuwono kepada wartawan, Jumat (24/4/2020).

Argo menjelaskan, dari 1.181 kendaraan dengan rincian 498 kendaraan pada gerbang tol Bitung dan 683 kendaraan di gerbang tol Cikarang. "Kendaraan tersebut di GT Bitung dan GT Cikarang," ungkapnya.

Argo menambahkan, untuk saat ini masyarakat yang melanggar maka hanya diberikan peringatan kemudian diminta untuk kembali ke rumahnya.

"Meminta kembali ke rumahnya masing-masing dengan pola secara persuasif dan humanis yang diberlakukan mulai hari ini Jum'at, 24 April 2020 sampai dengan Kamis, 7 Mei 2020," ujarnya.

Akan tetapi, jika masyarakat tetap ngeyel kembali mencoba keluar dari Jakarta. Maka di tanggal 7 Mei hingga 31 Mei, pihaknya akan memberikan sangsi tegas.

"Nanti akan diberlakukan penegakan hukum kepada masyarakat yang melanggar ketentuan yang diminta untuk berbalik kanan sesuai dengan sanksi yang berlaku," tutupnya.