img-alt
Simpeldesa News
Senin, 11 April 2022

Pembangunan Desa

Workshop & Studi Tiru : Langkah Awal Meyakinkan Implementasi Desa Digital

img-alt

SimpeldesaNews - Beberapa waktu lalu, Tim Simpeldesa bersama dengan kelompok perangkat desa dan operator desa dari berbagai wilayah melakukan kunjungan dalam rangka Studi Tiru dan Workshop Digitalisasi Desa. Kegiatan ini diorganisir oleh Gardana Desa yang merupakan komunitas yang bergerak dalam percepatan implementasi desa digital. 

 

Kegiatan Studi Tiru dan Workshop telah beberapa kali digelar, di antaranya saat Workshop dan Studi Tiru Operator Desa se-Kabupaten Bandung ke Desa Sambirejo, Kabupaten Sleman pada akhir Januari lalu, atau saat segenap Perangkat Desa dari Kabupaten Tabalong berkunjung ke Desa Palasari dan Telkom HUB. 

 

Adapun program Workshop dan Studi Tiru ini dirancang untuk memberikan gambaran mengenai implementasi desa digital yang sudah berjalan serta memberikan pemahaman terkait materi-materi yang berkaitan dengan digitalisasi desa seperti pengembangan ekonomi dan peningkatan layanan berbasis digital di desa.

 

Peserta Workshop dan Studi Tiru dapat melakukan kunjungan ke desa-desa yang telah mengimplementasikan layanan Simpeldesa serta merasakan pengalaman penggunaan fitur di Laboratorium Smart Navigator Telkom Indonesia, Telkom HUB, dan berbagai tempat menarik lainnya.

 

Hal tersebut selaras dengan tujuan terbentuknya ekosistem ekonomi digital desa yang merupakan amanat dari Peraturan Pemerintah No. 11 Tahun 2021. Berawal dari program ini, harapannya Pemerintah Desa mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam melalui transfer pengetahuan dan pengalaman bersama desa lain sehingga mampu mengoptimalkan seluruh potensi desa yang ada di tiap daerah. 

 

Sedangkan dari segi Sumber Daya Manusia (SDM), agenda ini dapat menjadi wadah untuk meningkatkan kapasitas para Perangkat Desa maupun Operator Desa yang telah ditunjuk sebagai garda terdepan implementasi desa digital. Dengan menjalani kegiatan Workshop dan Studi Tiru ke desa-desa yang sudah lebih dulu mengimplementasikan teknologi digital, Pemerintah Desa terkait diharapkan semakin yakin dan optimis dalam mewujudkan visi digitalisasi desa. 

 

Digitalisasi desa dapat mempermudah pelayanan publik, pengelolaan aspek sosial, dan pengembangan ekonomi digital melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang tertuang dalam wujud platform Simpeldesa berbasis aplikasi smartphone dan website.

 

Info lebih lanjut mengenai kegiatan Workshop dan Studi Tiru Simpeldesa bersama Gardana Desa, dapat menghubungi kontak 0888-0188-7428 (Hasbi Kosasih). 

Berita Desa Lainnya