img-alt
MURLAWA, SE.
Jumat, 30 Desember 2022

Berita Umum

Pemdes Bira Adakan Pelatihan Pengolahan Jahe Merah Kepada Warganya

img-alt

 Bertempat di Dedung Masyarakat Desa Bira, Pemerintah Desa Bira Mengadakan Pelatihan terkait Pengolahan Jahe Merah kepada warganya pada pagi tadi Rabu, 28 Desember 2022.

Pelatihan tersebut para warga dibimbing langsung oleh Bapak Askar Al Makassari selaku digital marketing. Selain itu, untuk pengolahan dan pengemasan jahe merah para warga dibimbing oleh Ibu Suarni, S.Ag dan Ibu Fatimah, ST.

Pada kegiatan tersebut juga hadir Kepala Desa Bira Murlawa SE beserta staf dan perangkat Desa, Pendamping Desa, Ketua PKK Desa Bira Ruth Katiandagho, Kader-kader Posyandu, Kepala Dusun, RT/RW serta Ibu-ibu UMKM.

Sebelum masuk untuk praktek mengelolah jahe terlebih dahulu para peserta pelatihan diberikan materi tentang apa saja tekhnik-tekhnik marketing seperti produk, price, place, promosion, people, proses dan Physical Evidence, cara membuat pengemasan produk yang menarik serta kunci dalam memulai bisnis.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut sehigga mampu mengahsilkan produk yang baik dan dapat bersaing dengan produk-produk diluaran sana. Kemudian untuk meningkatkan jumlah pembeli tentunya perlu promosi secara gencar baik itu secara langsung maupun memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instgram, WA sehingga produk bisa lebih banyak dikenal dan pendapatan tentunya semakin meningkat.‚ÄĚjelas Askar Al Makassari.

Sementara itu Ibu Suarni menyampaikan sebelum mengolah jahe merah menjadi serbuk bahan-bahan yang diperlukan 3 kg jahe yang sudah dibersihkan lalu diparut, gula merah 5 liter, gula merah 1/4 dan 8 batang sereh.

Setelah bahan sudah siap, selanjutnya siapkan wajan kemudian masukan jahe yang sudh diparut, gula pasir, gula merah, sereh yang sudah di geprek dan air. Semua bahan diaduk dan dimasak dengan api sedang hingga mengental lalu mengering dan berubah menjadi serbuk dan siap untuk di kemas.

Caption

Berita Desa Lainnya