img-alt
Simpeldesa News
Selasa, 26 April 2022

Usaha Desa

Momentum Lebaran untuk Tingkatkan Transaksi Ekonomi di Desa

img-alt

SimpeldesaNews - Masyarakat Indonesia antusias menyambut Hari Raya Idulfitri 1443 yang akan jatuh pada awal Mei pekan depan. Aktivitas mudik mulai terlihat dari keramaian kendaraan yang memadati jalan raya dan jalur-jalur padat yang menjadi langganan pemudik setiap tahunnya. 

 

Antusiasme ini juga meningkat karena dalam dua tahun terakhir masyarakat tidak bisa pulang ke kampung halaman akibat tingginya kasus COVID-19 di Indonesia. Meski begitu, masyarakat tetap dihimbau untuk taat terhadap protokol kesehatan yang masih berlaku selama pandemi COVID-19 belum berakhir. 

 

Bertepatan dengan masa liburan yang panjang, momen mudik dan lebaran juga menjadi keuntungan bagi para pelaku ekonomi di desa untuk meningkatkan transaksi sehingga mendatangkan pendapatan lebih untuk pengembangan ekonomi desa. 

 

Hal ini dikarenakan para pemudik yang datang dari kota akan cenderung membelanjakan uangnya saat berada di desa sehingga memicu perputaran uang di desa yang semakin tinggi dari hari biasa. 

 

Melalui perputaran uang yang semakin tinggi di suatu daerah atau spesifik di desa dapat meningkatkan tingkat perekonomian masyarakat di desa itu sendiri. Momen ini menjadi kesempatan bagi para pedagang kecil, UMKM, tempat wisata. maupun BUMDes untuk menarik pelanggan dan menjaga perputaran transaksi di lingkup desa. 

 

Hal tersebut juga dapat terjadi karena adanya tradisi untuk berbagi rezeki di bulan ramadan atau yang biasa disebut dengan bagi-bagi THR. Untuk itu, masyarakat dihimbau agar berbelanja segala kebutuhan hari raya di desa untuk menjaga perputaran uang yang bermanfaat bagi peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa. 

 

Simpeldesa menyediakan platform Smart Economy yang dirancang untuk menjaga perputaran uang di lingkup desa. Melalui Aplikasi Simpeldesa dan Mitra BUMDes, warga desa dapat melakukan transaksi ekonomi seperti pembayaran tagihan dan belanja kebutuhan sehari-hari dengan mudah. Setiap transaksi akan tercatat secara rapi dan akurat di Dashboard Simpeldesa sehingga membuat pendataan menjadi lebih praktis dan mudah dipantau. 



Berita Desa Lainnya