img-alt
Simpeldesa News
Kamis, 28 April 2022

Pembangunan Desa

Simpeldesa Resmi Jadi Bagian dari Telkom Indonesia untuk Pengembangan Ekosistem Digital Desa

img-alt

SimpeldesaNews - PT Hannan Idea Indonesia melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan PT Telkom Indonesia tentang Pengembangan dan Penyediaan Produk Simpeldesa untuk Smart Village Nusantara (SVN) Telkom Indonesia. Kerja sama ini secara resmi terjalin pada Rabu (27/4) kemarin.

 

Sejak 2020 lalu, Simpeldesa telah hadir dalam upaya mempermudah tata kelola desa demi berkontribusi terhadap pembangunan desa melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi berbasis aplikasi (mobile app) dan dashboard (website). Hingga kini, Simpeldesa tetap berada pada jalur pengembangan desa dengan digitalisasi desa di tiga aspek utama yakni pelayanan publik dan administrasi, interaksi sosial masyarakat desa, dan ekonomi digital desa. 

 

Per April 2022, Simpeldesa telah bekerja sama dengan lebih dari 300 desa yang tersebar di wilayah Indonesia dan akan terus bertambah sampai ekosistem digital desa bisa berjalan dengan optimal untuk menciptakan dampak serta manfaat maksimal dalam berbagai sektor.

 

Sementara itu, Smart Village Nusantara sendiri merupakan inisiatif dari Telkom Group untuk mendukung pengembangan ekosistem digital desa cerdas melalui framework Smart City Nusantara di lingkup desa. Bersama dengan pendekatan ini, SVN ingin agar dapat meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan dan pelayanan masyarakat (Smart Governance), tata sosial (Smart Society), dan tata ekonomi yang berkelanjutan (Smart Economy). 

 

Kerja sama antara kedua belah pihak resmi terjalin karena kesesuaian visi antara Simpeldesa dan SVN dalam pembangunan desa di Indonesia dengan cara memadukan potensi desa dan implementasi teknologi digital untuk memudahkan segala macam interaksi baik di lingkup pemerintahan maupun masyarakat. 

 

Melalui kerja sama dengan Telkom Indonesia yang tertuang dalam program SVN, harapannya Simpeldesa dapat menjangkau wilayah yang lebih luas sehingga dapat menguntungkan bagi ekosistem digital desa itu sendiri. Semakin banyak desa yang menggunakan layanan SVN, maka akan semakin banyak manfaat yang didapat oleh Pemerintah Desa dan masyarakat desa di berbagai penjuru Indonesia. 

 

Dampak dari kerja sama ini, Pemerintah Desa di seluruh wilayah Indonesia kini dapat segera menikmati akses layanan digital Simpeldesa dengan menghubungi Witel Telkom setempat. Mari sukseskan pembangunan desa melalui kerja sama berkelanjutan untuk membentuk ekosistem digital desa yang menguntungkan.

Berita Desa Lainnya